Tuesday, January 27, 2009

Coding Lebih Cepat dengan Code Templates NetBeans

NetBeans adalah salah satu IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa pemrograman java. Kalau gampangnya ya tool untuk mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman java. Selain NetBeans ada IDE lain yang bisa digunakan, antara lain Eclipse dan Sun Java Creator. NetBeans sendiri adalah salah satu IDE yang banyak digunakan dan populer, tentu saja karena ada kelebihan yang terdapat pada NetBeans. Dan salah satu kelebihannya adalah adanya Code Templates.

Code Templates adalah salah satu fitur di NetBeans yang berguna untuk menuliskan code program hanya dengan menggunakan singkatan saja. Misalnya kita akan menulis kode :

System.out.println();

Kita bisa menulisnya dengan mengetik " sout " tanpa petik dua lalu tekan tombol tab pada keyboard. Karena sout adalah singkatan dari code System.out.println(). Contoh yang lain misalnya kita akan menulis blok kode

try {

} catch ( Exception e) {

}

Kita bisa menulisnya dengan cara mengetik " trycatch " lalu tekan tombol tab. Ada banyak singkatan kode di NetBeans, untuk melihatnya pilihnya menu Tool -> Option -> Editor -> Code Templates. Di sana ada beberapa singkatan kode yang bisa digunakan, tidak hanya untuk bahasa pemrograman java, tapi juga untuk bahasa pemrograman lain seperti c++, html, css, de el el.

Anda juga bisa mengedit atau menambahkan sendiri singkatan untuk sebuah kode jika perlu dengan mengeklik tombol new. Penggunaan code templates ini sangat berguna apabila kita membuat program dengan baris kode yang panjang, karena dapat mempersingkat waktu pengetikan dan mengurangi pegal - pegal pada jari - jari kaki, eh maksudnya tangan kita waktu mengetik. Begitulah, enak ya pake NetBeans...??? :D

8 comments: