Monday, April 19, 2010

Tips Agar Tidak Kecanduan Facebook

Facebook, sebuah jejaring sosial yang paling populer saat ini. Jumlah pengguna facebook di indonesia per 31 maret 2010 telah mencapai 20,775,320 orang ( sumber : nick burcher ). Maka wajar saja, menurut alexa, facebook adalah situs yang paling banyak di akses di indonesia setelah google. Facebook mempunyai dampak positif dan negatif bagi kita, seperti yang dalam artikel sebelumnya tentang dampak positif dan negatif facebook.

Facebook adalah candu. Ya, mungkin kata2 tersebut tepat untuk menggambarkan facebook. Bagaimana tidak, seseorang rela menghabiskan berjam - jam di depan komputer, atau mungkin dengan handphone-nya hanya untuk mengupdate status, mengomentari status orang lain, menulis pesan di wall yang sebenarnya tidak terlalu penting, main game, atau hanya sekedar mencari teman baru. Apapun yang sedang dipikirkan, dirasakan, dan dikerjakan selalu diungkapkan melalui facebook. Tangan serasa gatal bila tidak membuka browser lalu mengetikkan facebook.com di address bar, meskipun itu hanya sehari saja. Sepertinya ga ada facebook ga rame, hehehe.

Kecanduan facebook tidak hanya terjadi pada penggunanya di Indonesia saja, tapi di negara - negara lain juga, bahkan di amerika, yang merupakan tempat di mana facebook " lahir ". Namun, sekarang banyak orang mulai mengurangi, atau bahkan ada yang sampai meninggalkan penggunaan facebook. Mereka menyadari bahwa facebook lebih banyak memberikan dampak yang negatif, waktu terbuang sia - sia, penurunan produktifitas kerja, bahkan sampai masalah rumah tangga. Karenanya, berbagai usaha dilakukan untuk menghilangkan kecanduan mereka terhadap facebook. Berikut ini sedikit tips yang bisa dilakukan agar kita tidak kecanduan facebook :

1. Isi waktu luang untuk hal - hal yang bermanfaat.
Membaca buku, olah raga, atau melakukan hal - hal bermanfaat lainnya. Ini adalah tips yang menurutku paling bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan kecanduan kita pada facebook.

2. Buat jadwal tersendiri untuk menggunakan facebook.
Kita bisa menjadwal kapan kita boleh menggunakan facebook. Misalnya kita hanya boleh membuka facebook 1 x dalam satu minggu, jika sekiranya terasa berat, kita bisa melakukannya secara bertahap, misalkan minggu pertama hanya boleh buka facebook 3x, minggu kedua 2x, minggu ketiga hanya 1x, begitu seterusnya.

3. Sadari bahwa kita hidup di dunia nyata, bukan dunia maya
Wah, ini kata2nya agak lebay, h3. Tapi memang benar, banyak orang merasa facebook adalah sebuah " zona nyaman " . Mereka bersosialisasi dengan orang lain hanya lewat facebook saja, dan mereka nyaman dengan hal itu. Akibatnya timbul rasa malas untuk bersosialisasi dengan orang di sekitar kita, dengan dunia yang nyata, dan itu lebih penting daripada sekedar bersosialisai dengan lewat facebook yang kadang2 kita sendiri tidak tahu sedang berteman dengan siapa.

4. Kalau kamu biasa mengakses facebook dengan handphone, kamu bisa uninstall aplikasi yang biasa dipakai untuk facebookan, misal opera mini. Kamu juga bisa mengganti operator selulermu dengan operator yang mengenakan tarif mahal untuk akses internetnya, Telkomsel misalnya :P.

5. Konsisten dengan usaha yang dilakukan
Tentu sikap ini harus kita miliki, apalagi buat yang sudah benar2 kecanduan berat sama facebook, hehe.

Mungkin hanya itu tips yang bisa aku sampaikan, sedikit banget ya, tapi semoga bermanfaat, ada yang mau menambahkan? :)

8 comments:

  1. syip syip syip....
    ajib..!!

    ReplyDelete
  2. makasih dah berkunjung ya ... :)

    ReplyDelete
  3. biar g kcanduan? y g ush main fb...kkkk

    ReplyDelete
  4. yang suru ganti operator tuh,, siip banget
    bikin kapok kan :D

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan atas infornya..sangat bermanfaat bagi ane yg sudah kecanduan sangat dgn facebook

    ReplyDelete
  6. Iye gan, gw coba tutup akun..tp ga lama gw buka lagi..hehhe

    ReplyDelete