Saturday, November 27, 2010

Agar Kuota Internet Tidak Cepat Habis

Koneksi internet pribadi saat ini sudah bukan suatu hal yang hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang banyak duit. Dengan beberapa ratus ribu rupiah saja kita sudah bisa memasang koneksi internet pada komputer atau laptop pribadi. Cukup dengan membeli modem dan kartu perdana dari provider internet tertentu yang akan digunakan.

Umumnya provider internet mengenakan volume based atau berbasis kuota, artinya pengguna diberikan "jatah" untuk bersurfing ria berdasarkan jumlah byte yang dipakai. Rata-rata provider memberikan "jatah" 2Gb yang bisa digunakan selama 30 hari, ada juga yang 500Mb, 1Gb, bahkan 5Gb.

Menurut pengalaman banyak orang, kecepatan dan kestabilan koneksi internet akan maksimal jika kuotanya belum habis. Jika kuotanya telah habis, biasanya koneksi jadi lambat banget, atau malah ga bisa konek sama sekali ke internet. Ada beberapa tips agar kuota internet kita tidak cepat habis.

  1. Gunakan internet seperlunya, jangan gunakan internet untuk hal-hal yang tidak penting
  2. Jangan tampilkan gambar. Dengan cara ini kita dapat menghemat kuota internet, tapi tips yang satu ini mungkin bisa membuat aktifitas surfing kita jadi terasa membosankan.
  3. Menutup halaman website yang sudah atau tidak dibaca. Terkadang ada beberapa website yang menampilkan iklan, animasi, dan content lainnya yang autoload, itu artinya akan mengurangi sisa kuota internet kita juga.
  4. Matikan automatic update. Tanpa kita sadari, beberapa software terkadang melakukan update via internet tanpa persetujuan kita, matikan fitur automatic update yang dianggap tidak perlu.

Selamat mencoba :D

No comments:

Post a Comment