Tuesday, November 30, 2010

Dampak Negatif Facebook Bagi Pelajar

Facebook, sebuah situs jejaring sosial yang semakin hari semakin bertambah penggunanya. Hampir setiap orang mempunyai facebook. Penggunaan facebook dalam kehidupan sehari-hari mempunyai pengaruh pada si penggunanya, baik itu dampak positif maupun negatif, apabila kita tidak cerdas dalam menyikapi situs jejaring sosial ini, bisa-bisa kita menjadi kecanduan facebook, dan layaknya candu, apapun akan kita lakukan agar dapat menggunakan facebook.

Bagi pelajar, facebook cenderung lebih banyak memberikan dampak yang negatif. Hal ini membuat orang tua maupun guru merasa khawatir akan masa depan anak-anak mereka. Dampak negatif facebook bagi pelajar yang paling sering terjadi adalah timbulnya kemalasan belajar yang berujung pada penurunan prestasi belajar. Coba saja bandingkan lama waktu seorang pelajar saat membuka buku dengan lama waktu saat membuka facebook. Bahkan saat belajar pun selalu menyempatkan diri hanya untuk sekedar mengupdate status atau menulis beberapa patah kata facebook temannya, akibatnya konsentrasi dalam belajar terganggu dan materi pelajaran yang sedang dipelajari pun tidak akan dipahami secara maksimal.

Banyak berita yang memuat tentang permasalahan pelajar yang timbul hanya gara-gara facebook, mulai dari tidak lulus ujian, perkelahian, bahkan sampai penculikan. Contohnya saja kisah seorang pelajar di bandung yang diculik oleh orang yang dikenalnya lewat facebook, atau mungkin perkelahian antara pelajar dan orang tua yang terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan, yang timbul hanya gara-gara facebook.

Kita, baik pelajar atau pun bukan, memang makhluk sosial, yang berinteraksi sosial, membutuhkan orang lain agar hidup kita dapat berjalan sebagimana mestinya. Tapi alangkah baiknya jika kita tidak menggunakan facebook secara berlebihan yang justru akan memberikan dampak negatif pada kita, gunakanlah sewajarnya saja. OK ? :D

1 comment:

  1. memeng sangat berbahaya ni fb pntes ja nilai q kla dngn nilai tmn q yg linnya q insaallah akn jrng bka fb karna q tkt prestasiku menurun

    ReplyDelete