Sunday, November 28, 2010

Cara Mengetahui Kecepatan Koneksi Internet

Kecepatan koneksi internet bisa jadi adalah salah satu hal yang selalu diutamakan saat seseorang berpetualang di dunia maya. Dengan kecepatan koneksi yang bagus, kita bisa menggunakan internet dengan maksimal, halaman website yang kita tuju terbuka hanya dalam hitungan 1 atau 2 detik saja, begitu juga saat kita mendownload suatu file dari internet, jika kecepatan internetnya bagus, maka proses download pun tidak akan memakan waktu yang lama.

Berbeda halnya dengan koneksi internet yang lamban, browsing di internet malah lebih terasa seperti latihan kesabaran, kalau sudah tidak sabar, mouse ataupun keyboard komputer lah yang jadi korban, hehe. Malah kadang ada juga yang sampai ngomel2 di depan monitor, ya ngga? hehe

Ada beberapa cara untuk mengetahui kecepatan koneksi internet kita. Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas yang tersedia pada situs speedtest.net. Fasilitas tersebut dapat mengukur berapa kecepatan rata-rata upload dan download. Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan fasilitas tersebut, sangat mudah...
  1. Buka situs speedtest.net
  2. Pada bagian atas, klik link Your Result. Setelah itu akan muncul suatu kotak yang menampilkan kecepatan koneksi internet anda.

Mudah kan ? :) Dan yang perlu diingat adalah setiap kali anda mengukur kecepatan internet anda menggunakan cara ini, hasilnya tidak selalu sama. Mungkin saat jaringannya sedang sibuk anda akan mendapatkan hasil yang tidak terlalu bagus, begitu juga sebaliknya. Cobalah untuk beberapa kali melakukan pengukuran terhadap kecepatan koneksi internet anda dalam waktu yang berbeda, dengan begitu paling tidak anda akan tahu kapan saja waktu yang nyaman untuk berpetualang di dunia maya :)



No comments:

Post a Comment