Monday, November 29, 2010

Mengelola Keuangan Pribadi

Kita perlu mengelola keuangan pribadi dengan baik supaya segala kebutuhan hidup dapat terpenuh, apalagi saat ini harga barang dan jasa menjadi semakin mahal. Kebutuhan hidup adalah prioritas utama yang harus dipenuhi seseorang saat menggunakan uangnya, namun tidak jarang pemenuhan kebutuhan hidup menjadi suatu hal yang dinomorduakan setelah pemenuhan keinginan hidup, meskipun pada akhirnya kebutuhan hidup tetap harus dipenuhi.

Hal ini akan membuat seseorang menjadi boros dalam menggunakan uang. Misalnya seorang mahasiswa semester akhir yang mempunyai uang dalam jumlah sekian, seharusnya uang yang dimiliki digunakan untuk membayar biasa seminar proposal tugas akhir, membeli buku referensi, atau untuk membayar biaya perkuliahan lainnya.

Tapi pada kenyaataannya mahasiswa tersebut malah menggunakan uangnya untuk membeli handphone baru, berwisata, atau untuk hal-hal lainnya yang sebenarnya tidak begitu penting. Akibatnya mahasiswa tersebut terpaksa meminta uang tambahan kepada orang tuanya, atau meminjam kepada orang lain untuk membayar keperluan kuliah yang seharusnya bisa dibayar dengan uang yang telah dimiliki sebelumnya.

Kita dapat mengelola keuangan pribadi dengan cara merencanakan pemasukan dan pengeluaran dalam waktu tertentu, kemudian melaksanakan perencaan tersebut sehingga tujuan akhir yang telah ditetapkan. Tujuan utama mengelola keuangan pribadi sudah tentu merupakan pemenuhan kebutuhan hidup, selain itu keuangan yang terkelola dengan baik juga membuat seseorang dapat memenuhi keinginan hidupnya.

Mulai sekarang, cobalah untuk belajar mengelola keuangan pribadi anda, insya Allah kehidupan akan akan jauh lebih baik :D

No comments:

Post a Comment